APA ITU TEKNOLOGI DAN BAGAIMANA PERKEMBANGANNYA?

APA ITU TEKNOLOGI DAN  BAGAIMANA PERKEMBANGANNYA?
Di era modern ini sudah barang tentu segala aspek kehidupan kita pasti terkait dengan namanya teknologi, tapi tidak semua orang tau apa itu teknologi? dan bagaimana perkembangan yang terjadi sampai saat ini. Sebelumnya kita harus tahu apa itu teknologi, Kata teknologi bermakna pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau system untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Bahasa sehari-hari, kata teknologi berdekatan artinya dengan istilah tata cara.

Kita sebagai manusia sejak dahulu kala adalah makhluk sosial yang dimana saling membutuhkan satu samalain antara manusia satu dengan manusia lainnya atau antara kelompok satu dengan kelompok lainnya . Seiring perkembangan zaman cara berkomunikasi manusiapun terus berubah-ubah menuju kearah yang lebih baik dan fleksibel. Mari kita lihat perkembangan cara komunikasi atau alat kompunikasi yang digunakan manusia sampai sekarang.


Dalam beberapa riset dijelaskan bahwah sejarah teknologi komunikasi dibagi menjadi tiga, berikut ini pembagiannya :

Masa Pra-Sejarah 
Pada masa ini manusia telah menemukan cara berkomunikasi yang sangat efisien pada masanya, yaitu berupa gambar. Tentu kita pernah melihat bukti sejarah dari metode komunikasi ini, contohnya gambar-gambar yang terdapat di dinding gua yang menceritakan tentang suatu peristiwa.




Masa Sejarah

Pada masa ini diawali dengan penemuan kertas oleh Bangsa Cina. Semenjak ditemukannya kertas, manusia beralih dari menggambar di batu menjadi menulis di kertas-kertas. Dari penemuan ini, nantinya muncul teknologi percetakan pertama kali dengan kayu.




Masa Modern

Pada masa ini adalah masa yang sedang kita jalani saat ini. Teknologi masa kini sangat jauh maju disbanding dengan teknologi masa-masa sebelumnya. Salah satu pionir pembawa perubahan pada teknologi komunikasi adlaah ketika ditemukannya gelombang radio dan dibuatnya alat komunikasi Radio.




Pada masa modern ini banyak sekali ditemukan alat teknologi komunikasi yang ditemukan, beberapa penemuan alat komunikasi sebagai berikut :

1. Telegraf dan Kode Morse
Alat ini ditemukan oleh Samuel Morse dengan dua temannya, Sir William Cook dan Charles Wheatstone pada tahun 1837 M.


2. Telepon
Alat ini ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada Tahun 1877 yang pengembangannya berdasarkan teknologi telegraf saat itu.


3. Fotografi
Alat ini pertama kali ditemukan ole Edward Maybridge pada tahun yang sama dengan ditemukannya telepon 1877 M.



4. Pita Penyimpanan Magnetis

Alat ini berbentuk tape yang didalamnnya terdapat pita dari bahan mylar guna menyimpan suara. Alat ini ditemukan pada tahun 1899 M.
 


5. Jaringan Komputer
Awalnya jaringan computer ini digunakan dalam militer guna mengendalikan sistem pengeboman dan peluncuran kendali jarak jauh, 4 tahun setelah itu muncullah jaringan computer di Amerika Serikat pada Tahun 1969M dengan kecepatan 50 Kbps.



Bisa kita lihat dari seiring perkembangan teknologi komunikasi yang terjadi yang terus berkembang menjadi lebih baik, Bila kita renungkan bukankah Smartphone kita berserta aplikasi Sosial media yang terinstall didalamnya adalah gabungan dari pecahan-pecahan teknologi yang sudah dibuat pada massa-massa tekologi tersebut.



Maksudnya sekarang berkomunikasi dengan keluarga dan teman semakin fleksibel, yaitu ketika zaman dulu mungkin kita tidak bisa melakukan secara bersamaan metode berkomunikasi, karena ketika kita ingin berkomunikasi dengan media suara kita membutuhkan alat yang dimanakan telepon atau mungkin kita ingin mengeluarkan seluruh isi pikiran kita dan sebagainya, tidak mungkin kita menggunakan telepon karena memakan waktu yang lama dan karena pada zaman itu mungkin tidak seluruh kalangan bisa menggunkannya seleluasa kalangan lainnya, jadi kita membutuhkan surat menyurat dengan bantuan jasa POS Surat. 



Lalu dengan perkembangan teknologi pada zaman ini masalah itupun bisa teratasi, seperti yang kita ketahui aplikasi chatting sejenis LINE, WhatsApp dsb sudah memiliki fitur-fitur yang kita butuhkan dalam satu paket yaitu Video Call ataupun Call biasa dan Chatting, kita bisa menggunakan satu aplikasi untuk melakukan segala kebutuhan yang kita butuhkan bahkan untuk harga satu Smartphone pun sekarang sudah terbilang murah atau harga paket internetpun ada beberapa operator yang menjualnya dengan harga yang bisa dikatakan logis untuk kalangan bawah ke atas. 



Jadi bisa disimpulkan perkembangan itu bisa terjadi karena satu hal “Keinginan Manusia yang besar untuk Bersosialisasi terhadap Manusia lainnya tanpa terhalang waktu ataupun tempat”.



Perkembangan teknologi tidaknya pada komunikasi saja, ada juga pada transportasi yang sebagaimana berikut:



Tranportasi Darat - ONLINE







Mungkin yang saya bahas disini dari sudut padang Information Technology saja, yang seperti kita ketahui zaman sekarang ini bisa dikatakan "Zaman Semua Raja" ataupun "Zaman Pemalas".



Kenapa saya katakan seperti itu zaman dulu jika kita ingin bepergian kesuatu tempat, kita harus pergi ke terminal bus, angkutan umum ataupun Stasiun Kereta Api, tapi sekarang kita tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga untuk pergi ke tempat-tempat tesebut jika ingin bepergian, kita hanya cukup mengeluarkan smartphone lalu membuka aplikasi Transportasi Online seperti GrabBike, GO-Jek ataupun UBER dan Driver 'pun akan menjemput kalian ditempat dan mengantarkan kalian langsung ketujuan. Bukankah zaman sekarang begitu nyaman sekali?


Semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai mengunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. yang tadinya melayani nasabah dengan harus bertemu / nasabah datang ke cabang2 bank yang disediakan oleh bank yang dia gunakan untuk menabung/infertasi menjadi lebih mudah karena bank mulai mengunakan teknoligi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet bahkan dengan mobile “HP” dengan SMS sudah banyak diterapkan bank.

Dalam dunia perbankan 'pun dengan kemajuan teknologi komunikasi berdapak pula dengan kinerja pada sistem perbankan sekarang ini.



Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa seperti :

-     Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via teller.
-     Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam.
-     Penggunaan Database di bank – bank.
-     Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.

Dengan adanya jaringan computer hubungan atau komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya : email, teleconference.
Sedangkan di rumah dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file. Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Contohnya seperti di warnet atau rumah yang memiliki banyak kamar dan terdapat setiap komputer di dalamnya.


Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi.



Dari sekian banyak yang sudah kita bahas diatas, bahwa faktor dominan yang mendukung Transportasi Online, Perbankan, Komunikasi semuanya bertitik pusat pada yang namanya Internet.






Internet dapat diartikan sebagai jaringan computer yang menghubungkan pemakai computer dari suatu negara ke negera lain diseluruh dunia, di mana di dalamnya terdapat berbagai sumber informasi. Informasi tentang kesehatan, rekreasi, hobi, rohani, sosial, saint dan sebagainya semuanya dapat kita dapatkan di internet.



Seperti yang sudah kita baca diatas, bahwa internet membawa dampak positif diberbagai bidang.


Pastinya dengan membawa dampak positif tersebut internet pasti memiliki kelebihan sebagai berikut :




-   Transaksi menjadi Fleksibel

Dewasa ini saat kita ingin transfer uang dari satu bank ke bank lainnya kita tidak perlu lagi repot-repot ke BANK ataupun ATM. Sekarang ini ada Internet Banking ataupun M-banking yang dimana kita bisa transfer uang kita kapan saja dan dimana saja



-   Mencari pekerjaan menjadi lebih mudah

Dulu kita sangat kesulitan untuk mencari lowongan kerja, kita harus membaca koran untuk melihat lowongan kerja tersebut lalu harus menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan untuk persyaratan melalui pos ataupun langsung datang ketempat kantor yang bersangkutan, hal tersebut sangat menyulitkan sekali. Sekarang adanya teknologi Internet ini, segala sesuatu bisa menjadi lebih mudah seperti mencari lowongan kerja kita cukup membuat website-website yang memuat info-info lowongan kerja seperti, http://www.rekrutmen.net/ , http://www.openkerja.com/ , dan http://www.loker.id/ lalu pada era modern ini sudah banyak perusahaan menerima pengiriman berkas-berkas persyaratan secara online.

  


- Bersosial dengan teman, keluarga menjadi lebih mudah

Seperti yang kita ketahui sudah banyak sekali aplikasi sosial media, salah satunya adalah LINE yang merupakan aplikasi yang sudah dilengkapi berbagai fitur-fitur menarik mulai dari sticker chat, sehingga chatting kita tidak terasa garing ataupun Video Call. Jadi sudah begitu mudahnya kita bertatap muka dengan teman ataupun keluarga dimana dan kapan saja,



 
Tapi dibalik manisnya teknologi Internet ternyata internet 'pun bagaikan pedang bermata dua, yaitu internet mempunyai beberapa kekurangan sebagai berikut :

    Kita lebih sering terlibat dengan aktivitas online seperti mengecek email, bersosialisasi, ngobrol, belanja online, urusan bisnis, dll. Kami tidak sempat beristirahat. Dampak ini sangat dirasakan, teknologi yang seharusnya bisa mejembatani yang jauh menjadi dekat malahan menjadi pedang bermata dua yaitu yang dekat menjadi  menjauh, seperti yang dijelaskan diatas, kita terlalu sibuk bermain dengan handphone kita daripada bertegur sapa dengan orang lain disekitar kita.



-       Kemudahan mendapatkan informasi (yang belum tentu benar), di era modern sekarang kita bisa mendapatkan informasi kapan saja dan dimana saja, banyak media berita yang tadinya hanya ada di televise ataupun koran, sekarang ‘pun karena mengikuti perkembangan zaman mereka mulai terkomputerisasi tapi banyak pula website-website yang memuat berita-berita yang belum tentu benar hanya karena untuk meningkatkan pengunjung websitenya tanpa memperimbangkan dampak yang akan terjadi untuk masyarakat.
  

Jadi itulah perkembangan teknologi yang terjadi sampai saat ini dan sampai sekarang teknologi akan terus berkembang hingga manusia merasa puas dengan semuanya.


Apakah manusia bisa puas, setelah kita melihat perkembangkan teknologi yang begitu pesat ini?




DAFTAR PUSTAKA

Maryono, Y., dan B. Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Yudhistira.

Indayudha, Feri. 2008. Panduan Praktik Komputer & Internet untuk Anak. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Ullil, Muhammad. 2017. Perkembangan Teknologi Komunukasi: Sejarah, Dampak dan Contoh. Diambil dari: https://www.bagi-in.com/perkembangan-teknologi-komunikasi/ (27 September 2017)

Tri Prasetyo, Deddy. 2012. Perkembangan Teknologi Di Perbankan. Diambil dari:http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/05/04/perkembangan-teknologi-komputer-di-perbankan/(28 September 2017)






Share This :