Harapan menjadi Bangsa yang Besar

Harapan menjadi Bangsa yang Besar
Sejak Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, pembangunan dan perkembangan terus dilakukan baik dalam sector politik, ekonomi, pendidikan atau sosial. Sebagai bangsa Indonesia tentu kita ingin Indonesia maju dan sejahtera. Sejahtera rakyatnya dan maju bangsanya. Tapi bagaimana caranya harapan itu menjadi sebuah kenyataan ?
Pemerintah dan rakyat harus bekerja sama. Dalam pemerintahan tidak ada KKN lagi, pemerintah mau menegakkan keadilan dan hak rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia mau mendukung pemerintahan Indonesia dan peduli tentang apa yang terjadi pada Indnesia.
Generasi muda Indonesia mau bergotong royong membangun Indonesia tidak hanya sibuk mengikuti gaya-gaya internasional. Mau mengembangkan prestasinya untuk Indonesia. Walaupun ada dari generasi muda menimba ilmu di luar negeri tetapi jangan lupa dimana kamu dilahirkan.
Berpikir dan bertindak secara kritis serta demokratis. Jangan dengan masalah kecil, kita langsung demo secara besar-besaran yang membuat keamanan Indonesia menjadi terancam. Jangan dengan isu yang tidak benar, kita menjadi terpancing amarahnya.
Menghargai produk dalam negeri dengan membeli barang-barang buatan dalam negeri seperti kerajinan dari Jepara serta batik, berlibur di dalam negeri seperti Borobudur di Magelang, pantai di Bali, dan masih banyak lagi, serta menghargai film-film karya anak bangsa.
Menghargai jasa pahwalan yang mana sudah berjuang hingga titik darah penghabisan untuk membuat Indonesia merdeka seperti sekarang terlepas dari penjajahan yang membuat bangsa Indonesia sengsara selama lebih dari 350 tahun. Sekarang tugas kita sebagai mahasiswa adalah meneruskan perjuangan para pahlawan agar Indonesia tidak dijajah oleh pemikiran-pemikiran yang ingin menyerang bangsanya sendiri. Dan agar kekayaan Indonesia tetap dilestarikan, tidak diambil oleh negara lain dimana kita sudah kehilangan beberapa pulau dan kebudayaan kita juga sudah ada beberapa yang diklaim oleh negara lain.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.” - Soekarno

Share This :